Pasca Serangan di Paris, Belgia Tingkatkan Keamanan Hingga Level Tertinggi


Brussel - Pasca serangan yang menewaskan hingga 130 orang di Paris pekan lalu, Belgia meningkatkan keamanan negaranya hingga ke level tertinggi. Hal ini dilakukan seiring dengan kekhawatiran Eropa terhadap serangan kelompok militan ISIS.

"Setelah dievaluasi, pusat telah meningkatkan pengamanan teror ke tingkat 4. Ini menandakan ancaman yang sangat serius untuk wilayah Brussel," ujar salah satu anggota pusat unit koordinasi dan analisis ancaman (OCAM) seperti dikutip dari kantor berita AFP, Sabtu (21/11/2015).

Unit di bawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri Belgia ini juga menunjukkan hasil analisis adanya ancaman serius. Pihaknya mengimbau warga untuk menghindari pusat keramaian, seperti lokasi konser dan transportasi umum di Brussel.

Dalang utama serangan teror Paris, Abdelhamid Abaaoud tewas dalam penggerebekan pada Kamis (19/11). Sang ayah, Omar Abaaoud, sudah sejak 40 tahun lalu pindah ke Belgia dari Maroko. Di Belgia, Omar memiliki sebuah toko pakaian yang berlokasi di dekat kompleks pasar di wilayah Molenbeek, Brussel. 

Abaaoud yang lahir tahun 1987 di Molenbeek ini memiliki nama alias Abou Omar Soussi dan juga Abou Omar al-Baljiki. Sang ayah meyakini Abaaoud mulai diradikalisasi pada tahun 2013 lalu, ketika Abaaoud meminta sang ayah berhenti menanamkan pendidikan ala Eropa kepada adik laki-lakinya, Younes. sumber detik.com

0 Response to "Pasca Serangan di Paris, Belgia Tingkatkan Keamanan Hingga Level Tertinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel